Benarkah Kita Luar Biasa ?

Posted: October 2, 07 in Pendidikan

Oleh : Syamsuwal Qomar

Beberapa waktu yang lalu saya dikirimi banyak buku oleh seorang  teman di Tangerang. Salah satunya berjudul Anda Luar Biasa yang  ditulis oleh Eni Kusuma, seorang WNI  yang menjadi TKW di Hongkong.

Buku Anda Luar Biasa merupakan jenis tulisan yang memotivasi diri, juga tercatat sebagai buku motivasi pertama yang ditulis oleh seorang pembantu rumah tangga.

Sang pengarang, Eni Kusuma ditenggarai lahir dari keluarga miskin yang juga gagap bicara, seusai tamat SMU memutuskan untuk merantau demi membantu perekonomian keluarga, namun karena semangat dan kegigihannya untuk terus belajar, ia malah berhasil menelurkan karya tulis untuk memotivasi orang lain.

Keberadaan Eni bisa dibilang paradok, pada kenyataannya, ia tidak peduli apapun profesi seseorang. Wanita ini punya keyakinan, setiap manusia siapapun dia, pasti mempunyai talenta untuk ditemukan dan diasah sehingga menjadi keterampilan yang menjadi ciri khas dari manusia itu sendiri.

Eni terus memberi pesan untuk memelihara pikiran positif dan membuang jauh pikiran negatif, bagaimana mengambil momen yang tepat untuk belajar dan memaknai segala hal dalam sendi kehidupan, tulisannya jauh dari kesan sombong dan harus diakui, Eni adalah seorang manusia pembelajar yang hebat. 
 
Belajar dari Hidup

Sering terdapat anggapan yang keliru di masyarakat, anggapan tentang pendidikan dan juga perkembangan diri, contohnya, perkembangan tubuh manusia yang terhenti diawal umur 20 tahunan, dianggap juga sebagai batas dari intelegensi manusia untuk berubah.

Padahal sebenarnya sel-sel di dalam otak manusia terus berkembang, umur bukanlah patokan seseorang untuk berhenti belajar, karena keinginan untuk berubah justru terdapat pada pola pikir dan pilihan untuk mengaktifkan gen-gen yang tadinya dorman.

Eni Kusuma sekarang berumur 29 tahun, setelah pada awal maret kembali ke tanah air, sekarang ia berjuang  membagikan semangatnya pada generasi muda. Eni hanyalah contoh kecil dari penulis yang berhasil memaknai hidup, saya yakin, akan banyak penulis yang mengikuti jejaknya, asalkan mereka mengerti dan menyadari potensi yang tersimpan di dalam diri.

Konsep AMBAK
 
Metode Quantum Learning, yang mengupas pemerolehan pendidikan dari hidup adalah AMBAK, Apa Manfaatnya Bagi Ku. AMBAK ialah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan.

AMBAK terkadang terlihat jelas, namun sering juga terlihat kabur, sehingga kita diharuskan mencari atau menciptakannya. AMBAK memacu untuk bertanya pada diri sendiri, bagaimana aku memanfaatkan hidup sehari-hari ? Secara ringkasnya, AMBAK berfungsi untuk menciptakan minat sebanyak-banyaknya untuk belajar aktif.

AMBAK bertujuan menciptakan pelajar aktif, seseorang yang belajar apa saja dari setiap situasi, menggunakan apa saja dan mengupayakan agar segalanya terlaksana, serta mengambil materi dari alam semesta. AMBAK bukan hanya mendorong seseorang untuk menguasai IQ, tapi juga penguasaan ilmu yang lebih tinggi, yaitu EQ dan SQ.

Dalam buku Anda Luar Biasa, ada 3 bab yang mengupas tentang kondisi psikis, cara melatih kontrol psikis dan mengendalikannya agar seimbang supaya mampu meraih keberhasilan. Bukti kalau IQ bukanlah satu-satunya faktor untuk meraih kesuksesan.

IQ dianggap hanya menyumbang 20 % dari kesuksesan hidup, ada pendapat, bila IQ bersinggungan dengan input bagaimana seseorang memperoleh masukan pengetahuan dan mengolahnya dalam otak, EQ berkenaan dengan output bagaimana ia harus berhadapan dengan emosinya untuk mengeluarkan apa yang tadinya telah di olah otak.

Gugup, takut, tidak percaya diri, malu dan berbagai penghalang psikologis lainnya untuk berkembang, tak dipungkiri hanya bisa diatasi oleh kecerdasan emosional, kemampuan yang hanya bisa didapat bila seseorang mampu memanage pikiran positif dan membuang pikiran negatif.

Susahnya, bila ini tidak dikuasai dengan baik, seseorang yang IQ nya tinggi tidak akan mampu membagi ilmunya karena selalu dihantui pikiran buruk, ilmu pengetahuan yang ia kuasai hanya akan berlaku untuk dirinya sendiri, tanpa bisa berbagi dengan orang lain.

Padahal, menurut Maslow, manusia memiliki kebutuhan akan kasih sayang, penghargaan dan aktualisasi diri, yang hanya akan bisa didapatkan melalui berbagi pengalaman. Manusia adalah makhluk sosial dan cenderung membutuhkan satu sama lain, memiliki harapan untuk membina hubungan baik dan kebutuhan untuk berhasil dan sukses (Mcleland)

Benarkah Kita Luar Biasa ?

Setiap individu punya potensi untuk berkembang, namun terkadang karena terkurung oleh anggapan sendiri, menjadi kurang menyadari apa yang sebenarnya mampu dilakukan.

Anggapan negatif lah yang menjadi halangan utama, hal yang wajar karena semenjak anak-anak, rata-rata kita tercatat menerima 460 komentar negatif dan hanya 75 komentar positif atau dukungan setiap hari. 

Tak heran bila kebanyakan kita justru tidak percaya akan kemampuan diri sendiri. Banyak juga orang yang menonojolkan kemampuannya, seperti menulis, “saya bisa menulis dengan cepat hanya setengah jam”, “saya bisa melukis cukup lima belas menit”, “saya bisa dengan cepat bergaul dengan orang lain”.

Ungkapan-ungkapan seperti ini malah tambah membuat minder, atau justru menganggap orang-orang tersebut suka pamer dan sombong, padahal, bisa jadi mereka berucap seperti itu untuk memotivasi diri supaya lebih rajin. Jika mereka mampu melakukannya, kita juga pasti mampu melakukannya.

Semua itu kembali pada kemampuan untuk memanage pikiran positif dan negatif, ada istilah, we are what we are think.
Jadi benarkah kita luar biasa ? tanpa pikiran buruk yang menghantui, kita memang luar biasa.
 
 

Advertisements
Comments
  1. Sebenarnya sih setiap orang punya potensi luar biasa. Cuma sayangnya banyak orang yang tidak menyadarinya. Tugas kita sebagai pendidik adalah mengembankan potensi anak2 bangsa negeri ini agar potensi luar biasanya benar2 bisa berkembang.

  2. fira says:

    Ass,wah buku ini sudah merambah kemana-mana rupanya. Saya juga sudah membacanya dan tercengang akan semangat yang luar biasa dari Eni Kusuma.Saya malah membeli bukunya saat saya berada di Hongkong tempat Eni dulu bekerja sebagai buruh migran.Memang luar biasa dan membangkitkan adrenalin saya pada seorang wanita seperti Eni kusuma,semoga lebih banyak lagi lahir benih Eni-Eni kusuma yang akan datang.Wassalam.

  3. Hanna says:

    Yakinkan diri, kita memang luar biasa.Setiap orang punya potensi,punya bakat.Tugas kita mencari, mengenali,menemukan , mengali dan mengasah bakat kita itu.Eny membuktikan dirinya bisa, kenapa kita tidak ? Ayo, dong, semangat !

  4. SQ says:

    @ Sawali @ : Terima kasih pak sawali dah mampir, saya setuju pendapatnya. Sebagai pendidik, sudah seharusnya berbagi ilmu dan mengembangkan potensi ilmu anak bangsa. Tapi kayaknya saya juga masih harus banyak belajar pak ?

    @ Fira @ : wss. wah, ternyata mbak fira juga suka buku ini, anda luar biasa ? pasti kan mbak ?

    @ Hanna @ : khas mbak Hana dengan semangatnya, mudah-mudahan virus ilmu dan semangatnya bisa nular ke saya, thanx 4 the comment friend.

  5. tan andalas says:

    kita memang luar biasa!!! karena tiap kita adalah unik…. saya jadi pengen baca buku ituh, ada yang mo minjemin?! :mrgreen:

    wah..denger kata unik jadi mikir ke lain-lain y ? h3w, thanx dah berkunjung

  6. Setiap orang memang luar biasa, jika kita menyikapi kepribadian orang-orang yang kita kenal saja, maka setiap dari mereka berbeda-beda dan unik, termasuk diri kita sendiri, dan jika kita dapat memanfaatkan keunikan itu, jadilah kita manusia yang berkarakter dan berhasil

    thanx dah mampir , wah..memanfaatkan kepribadian yang unik untuk berhasil. kayaknya itu cita-cita semua orang ya… 🙂

  7. Lalu, yang biasa siapa ya?

    Ah bapak bisa aja 🙂 , thanks dah jenguk blog saya

  8. kurtubi says:

    Kalimat2 yang mencerahkan… salam kenal makasih dah mampir di blogku…

    thanks dah singgah kesini 🙂

  9. Ayu says:

    Dari judulnya aja saya udah setuju, Kita semua memang luar biasa…tapi, boleh pinjam bukunya donk?? hehe….:)

  10. SQ says:

    Masa Pinjem ? Beli doooonk…H3w

  11. 5H4L3H says:

    Buku itu memang keren…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s