SUPERNOVA ; Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh

Posted: August 11, 07 in Personal Library

gambar-2.jpg Buku pertama Dewi Lestari  yang begitu unik dengan banyak daftar bibliografi ilmiah. Supernova adalah novel yang mencampur science, social culture, psikologi umum, humanisme, sejarah pengetahuan dunia dan tentu saja, romantisme cinta dalam kehidupan.                                 

Hal yang paling menarik dari novel ini karena mengandung banyak filsafat, baik dinilai dari segi agama maupun sosial kemasyarakatan. Supernova jelas bukan tipe bacaan yang menjual mimpi melalui cerita-cerita cinta obralan, tetapi novel yang lebih bertujuan menyadarkan manusia akan pentingnya arti kehidupan 

Supernova memberikan pemaparan tentang cinta dalam bingkai yang sebenarnya. Nyata dan apa adanya. Banyak memberikan pengetahuan yang selama ini terluput dari pemikiran. Menggambarkan segala fakta dengan jelas dan lugas, meskipun sebagai novel yang bertema cinta, tentu sangat melibatkan perasaan.              

Alur ceritanya dimulai dari Ruben dan Dhimas, pasangan gay yang sama-sama menuntut ilmu di Georgetown, Washington D.C. yang sepuluh tahun kemudian memutuskan membuat novel berdasarkan literatur klasik. Ksatria, puteri, dan bintang jatuh.  Terpisah dari hal tersebut, penggambaran tokoh lalu mengalir deras beriringan.

Diperankan oleh Ferre, pria tampan yang juga managing director perusahaan multinasional yang kemudian terlibat perselingkuhan dengan Rana, seorang wakil pemimpin redaksi majalah wanita.   

Konflik batin yang menghantui masing-masing tokoh ikut diwarnai dengan kehadiran Diva, model cantik yang berprofesi sebagai wanita panggilan, tapi Diva bukanlah wanita murahan. Diva digambarkan sebagai manusia paradoks yang lebih memilih menjual tubuh dibanding otaknya yang luar biasa pintar. 

Di sisi lain ikut hadir tokoh vital yang kemudian berperan sebagai supernova, jaringan bagi mereka yang ingin “hidup”. Supernova adalah cyber avatar yang memberikan pencerahan hidup lewat internet. Ferre, Rana dan Diva akhirnya terlibat secara langsung di dalam supernova. 

Tanpa disadari, novel yang dibuat oleh Ruben dan Dhimas ternyata juga ikut merangkum kehidupan semua tokoh ini. Terjadilah ledakan kejutan yang tak di sangka-sangka hingga akhir cerita. Apalagi dengan tersingkapnya identitas yang ditunggu-tunggu, siapakah sebenarnya Supernova ?  

Bagi mereka yang suka science fiction, cocok baca cerita ini. Bagi yang berjiwa melankolis, tak ada salahnya sedikit membuka-buka halaman pertamanya. Takut dianggap cengeng karena ini novel cinta ? Semua orang kan punya opini masing-masing. Siapa tahu gara-gara baca novel ini, lebih berjiwa tulus dan penyayang. He..he..he

 

Advertisements
Comments
  1. Suci says:

    menurut saya,k hal paling saya sukai dari buku ini adalah sisi romantisnya. terus terang saya kurang begitu mencintai hal-hal yang berbau science, tapi tetap saja, buku ini sangat bagus, menurut saya, buat menambah informasi dan pengetahuan berharga.

  2. as3 says:

    saya benar2 menyukai novel ini…
    penuh inspirasi…
    🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s